Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type and scrambled it to make a type specimen book. It has survived not only five centuries, but also the leap into electronic typesetting, remaining essentially unchanged. It was popularised in the 1960s with the release of Letraset sheets containing Lorem Ipsum passages, and more recently with desktop publishing software like Aldus PageMaker including versions of Lorem Ipsum.

Minggu, 06 Mei 2018

"Isra Mi'raj"

Isra mi'raj adalah peristiwa agung dan istimewa dalam agama islam yang diabadikan dalam Al-Quran. Isra mi'raj berarti mengimani perjalanan menakjubkan Nabi Muhammad dari Masjidil Haram menuju Masjidil Aqsho juga Sidratul Muntaha. Isra mi'raj berarti menyediakan waktu dalam diri untuk berkontemplasi mengenai sholat 5 waktu sebagai bentuk perintah wajib beribadah. Isra mi'raj juga berarti memperingati perjuangan kaum muslimin merebut kembali Masjidil Aqsho, tempat Nabi singgah sebelum naik ke sidratul muntaha.

Isra mi'raj adalah mengenai keimanan, renungan, juga perjuangan. Isra mi'raj tidak sepantasnya hanya diperingati sebagai tanggal merah yang niscaya terjadi setiap tahun. Isra mi'raj tidak seharusnya hanya menjadi repetisi belaka untuk mengisi hari libur dengan tidur-tiduran dan bersantai-santai di atas empuknya kasur. Isra mi'raj lebih dari itu dan kami bukanlah bagian orang-orang yang demikian. Kami adalah generasi yang melakukan penelitian-penelitian ilmiah untuk membuktikan kebenaran yang mustahil dijelaskan oleh akal sebagai bentuk keimanan pada Isro dan mi'raj. Kami adalah generasi yang senantiasa datang dari satu tempat ke tempat lain untuk berguru pada seseorang guna mendalami ilmu-ilmu agama sebagai bentuk renungan tentang hakikat pencipataan manusia yang sebenarnya. Kami adalah orang-orang yang gemar membaca dan memelajari sejarah lalu mengamalkannya sebagai bentuk perjuangan untuk kebaikan di masa depan. Di hari ini masjid-masjid akan kami penuhi dan doa-doa akan lebih khusyuk kami panjatkan untuk negeri kami, negeri-negeri muslim dan khususnya yang sedang mengalami penjajahan juga penindasan, meski pada dasarnya kami tahu berdoa bisa kapan dan dimana saja.

Selamat memeringati Isra dan Mi'raj teruntuk saudaraku kaum muslimin dimana saja. Jika ada orang-orang yang menganggap Isra Mi'raj adalah fiktif belaka maka sekaranglah saatnya kita tunjukkan dengan kebaikan-kebaikan yang kita punya. Satu kebaikan seseorang sudah cukup mewakili golongan yang lebih besar. Dan konon katanya satu tindakan baik lebih dihargai daripada seribu kata-kata ilmiah.

Eki Lesmana

*Ditulis pada saat isra mi'raj 14 April 2018

0 komentar:

Posting Komentar